Lusiana Natali Simanjuntak,
,

Selasa, 22 Maret 2011

Cinta Agape, Fhilia, Eros

CINTA AGAPE

                Cinta Tuhan terhadap manusia, merupakan gambaran dari  cinta Agape yaitu cinta yang bersedia berkorban dan menderita untuk orang yang di cintai,bahkan rela tetap mencintai seseorang itu walaupun sebenarnya orang itu sudah tak pantas lagi untuk di cintai, ini adalah cinta yang penuh pengertian, kasih sayang, kesetiaan, dan kesucian. Tuhan mengasihi manusia dan rela berkorban demi umatNya. “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”(Yohanes 3:16). Merupakan ayat yang terdapat dalam kitab suci umat Kristiani (Al-kitab).  Dari ayat tersebut, saya dapat melihat bahwa cinta Tuhan kepada Manusia adalah cinta yang luar biasa, tanpa pamrih dan melakukan pengorbanan yang besar, pengorbanan bukan kepada orang yang baik, tetapi  pengorbanan untuk orang yang berdosa yang tidak mengasihi-Nya. Manusia mungkin pernah berkorban, tetapi mereka berkorban memiliki latar belakang yang berbeda dengan Tuhan, manusia mungkin berkorban untuk orang yang baik pada nya, atau mungkin berkorban untuk menerima imbalan. Tetapi Tuhan berkorban dengan ketulusan tanpa melihat rupa, kasihNya begitu besar. Sedangkan cinta kita terhadap Tuhan, harus seperti apa? Kasihilah Tuhan Allah mu melebihi engkau mengasihi dirimu sendiri, utamakan lah Tuhan dari hal apapun, karena kita adalah milikNya, maka segala yang kita lakukan haruslah berkenan kepadaNya.


“KASIH YANG SEMPURNA”
Kasih yang sempurna telah ku terima dari Mu
Bukan karena kebaikanku, hanya oleh kasih karunia Mu
Kau pulihkan aku, layakan ku  tuk dapat memanggilMu Bapa,
Kau bri yang ku pinta, saat ku mencari ku mendapatkannya,
Ku ketuk pintu Mu dan Kau buka kan,
Sbab Kau Bapaku, Bapa yang kekal
Takkan Kau biarkan aku melangkah hanya sendirian,
Kau kan slalu ada bagi ku
Sbab Kau Bapa ku, Bapa yang kekal.

             Lirik Lagu di atas merupakan bentuk hubungan cinta Tuhan kepada umatnya, Tuhan mengasihi anak-anaknya bukan karena kebaikan yang di lakukan tetapi karena kasih-Nya yang sempurna . Tuhan seperti seorang Bapa memenuhi segala keperluaan anakNya menurut kehendak-Nya. Seperti seorang bapa sayang anaknya, demikianlah Bapa yang di surga mengasihi umatNya, memberikan semua yang terbaik untuk umatNya.  




CINTA FHILIA 


            Cinta terhadap orang tua dan sesama merupakan gambaran dari cinta Fhilia yaitu cinta yang tulus kepada siapa saja,dapat di sebut cinta sahabat, ikhlas memberi tanpa pandang bulu, baik miskin maupun kaya,memiliki rupa yang baik atau tidak. Kita mengasihi orang tua kita dengan tulus,begitu juga mereka mengasii kita, yang pasti melebihi kasih kita terhadap mereka, kasih ibu sepanjang masa merupakan kalimat yang sering kita dengar, sampai pada akhir hayatnya, seorang ibu tetap mengasihi anaknya dengan tulus walau seburuk apapun anaknya itulah cinta fhilia. 
Berikut adalah sebuah lagu, yang memiliki hubungan dengan cinta Fhilia:

“KASIH IBU”
Kasih ibu kepada beta, 
Tak terhingga sepanjang masa,
Hanya memberi tak harap kembali,
Bagai sang surya menerangi dunia.

                Dari lirik lagu Kasih Ibu di atas, terlihat bahwa begitu dalam kasih yang di berikan seorang ibu kepada anaknya.  Hanya berusaha memberikan yang terbaik dan tidak pernah berharap kebaikannya dibalas. Pada lagu di atas, di umpamakan seperti sang surya yang  menerangi dunia, dia hanya memberikan kehangatannya tanpa mengharapkan balasan.   



                                                                                       

CINTA EROS

Cinta terhadap lawan jenis merupakan  tipe cinta Eros yaitu jenis cinta yang sering di alami oleh kalangan remaja/pemuda merupakan cinta yang di rasakan seseorang terhadap lawan jenis nya dan memiliki keinginan untuk memilikinya . Kebanyakan hubungan cinta dimulai dengan ini. Saat kau begitu merindukan kehadirannya dan menjadi demikian bahagia bertemu dengannya. Saat mendengar suaranya, memandang wajahnya membuatmu terbuai. Saat kau merasa begitu indah dengan cintanya yang berlimpah. Dan disaat lain kau begitu terluka saat kau merasa ditolak, tidak diperhatikan. Disaat lain lagi kau merasa hancur lebur saat kau sadar bahwa ucapannya hanya omong kosong. Atau saat janjinya tidak terbukti. Kau menjadi terluka dan menangis, tangis yang tidak mampu kau hentikan, walaupun disaat yang sama kau sangat membencinya karena telah membuatmu terluka. Cinta eros bukanlah cinta yang kekal, karena cinta ini tumbuh dari emosi dan keadaan.

“CINTA ITU BUTA”
Salahkah bila aku mencintaimu
Dan berharap engkau kan jadi milikku
Walau banyak yang bilang kau tak pantas untukku
Sayang ku mohon jangan tolak cintaku
Jiwa raga ku ini hanya untukmu
Aku rela berkorban demi cintamu itu
Biarlah orang berkata apa
Chorus:
Manusia tiada yang sempurna
Ku terima kau apa adanya
Yang penting aku bahagia


              Lagu di atas merupakan bentuk ekspresi dari cinta eros, dimana keinginan seseorang untuk memiliki orang yang di cintai, tanpa peduli dengan orang lain yang mungkin melarang nya untuk dekat dengan pujaan hatinya tersebut. Cinta itu buta, dari lirik tersebut terlihat bahwa bagaimana pun kondisi dari orang yang di cintainya,   ia akan tetap menerimanya, karena ia akan merasakan kebahagiaan apabila bisa memiliki orang tersebut. Rasa yang begitu besar untuk memiliki merupakan ekspresi dari cinta eros, apapun mungkin di lakukan untuk  mendapatkan cinta dari orang tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar